School Review (PIK Area)

Mau review school yang ada di daerah PIK nih.. siapa tau berguna buat mommy2 yang lagi cari2 school buat anaknya ^^
Elle baru mau 3 taun tapi dia uda pernah school di 4 tempat looo ~yang satu baru daftar n bayar trus baru mau masuk akhir September ini~ moga2 skul dia yang ini bakalan menjadi yang terakhir selama kindergarten nya yaaa soalnya kasiann pindah2 skul mulu hueheue…
Gw rasa kita ini ortu yang cerewet banget tentang skul anak yaa sampe ganti2 berkali2 begini .. tapi yaa setiap ganti bukannya ngga beralasan donkk…

School pertama nya Elle adalah di Tumble Tots PIK ~sekarang uda tutup yah~
Elle baru 10 bulan nih waktu skul disini.. awal nya dulu biar dia belajar bersosialisasi sambil main2 gitu pikir gw kan kayaq gym gitu ya tempatnya.. soalnya Elle ini dulu males banget disuruh belajar crawling .. nah bagus nih disini dia diajarin cara crawling jadi dikit2 bisa dehh dia hehehehe suksess.. trus belajar jalan juga sembari naik turun di mainannya mereka..

ultah ke 1 di tumble tots

Trus belakangan buka skul baru namanya Kiddie Planet berhubung pendaftarannya lagi gratis gw liat2 skul nya ..
Skul nya baru dan bagus bersih banget.. gurunya campur lokal, philipines, india .. ok lah jadilah skul kedua Elle di Kiddie Planet.
Tadinya gw masih pararel nih 2 skul Kiddie ama Tumble Tots.. pikir gw yg TT itu buat latihan dia olahraga gitu..
Lama2 gw pikir KP cukup lah jadi gw berenti TT nya..
Di KP ini bagus banget menurut gw ya.. disini Montessori jadi tuh anak ga dibebanin pelajaran banget .. belajar sambil main.. alat peraga nya banyak dan lengkap dan bagus2 lagi.. trus banyak Art nya … Elle ini suka banget sama Art, Music, Dancing jadi pas banget sebetulnya skul ini buat dia ..

ultah ke dua Elle di KP

Hehehe dulu Elle demen bawa2 boneka cat ke skul nya..
Tapi naik2 kelas koq uang skul nya makin mahal ya.. klo menurut gw uda ga masuk akal lagi deh untuk kategori skul playgroup begini… kindergarten aja belom.. ortu gw uda ngomel2 skul anak kecil mahal begitu.. sayang mending ditabung duit nya wkwkwk.. mikir2 iya juga sih ya.. yauda akhir nya gw cari2 skul lain deh tentu yang seputaran PIK juga.. sempet pusing karena semua dibawah standar gw.. akhirnya gw tetapin 1 juga deh padahal gw kurang sreg banget ama skul nya .. abis kaga ada pilihan lain sih.. ada di Muara Karang tapi kalo pagi macet banget kan ke Muara Karang situ… nyokap gw ogah nganter nya huehuee..
Yauda akhirnya pindah deh kita ke Sunsmile Kids..
Yaa kesan gw dari trial di skul ini uda ngga begitu oke sih…sebetulnya skul nya sih bagus, ketat banget belajarnya cocok untuk ortu yang mau menggembleng anaknya belajar sejak dini huehuee.. soalnya skul ini kurikulum Singapore sih jadi banyak belajar yah..
Skul nya kurang rapi dan kurang bersih menurut gw .. mungkin karena muridnya banyak banget..
Tempat main cuman 1 dipake untuk 1 skul.. Gw sih ga masalah dengan semua itu tapi yang gw kurang sreg begini.. pernah gw lihat anak sekelas ama anak gw nangis ~ini baru hari2 pertama masuk skul~  eh pas mau pulang tuh anak ga bole pulang.. dicuekin ama gurunya sementara gurunya mengatur dan mengantar anak2 turun berbaris… tuh anak ditinggal menangis di kelas.. kejam amat ya mnurut gw bagaimana perasaan si anak… abis itu gw ga liat lagi karena gw ikut anak gw turun kan ~anak gw masi ditemenin karena hari2 pertama~
Terus gw jg ga sreg soalnya masa ada pelajaran tambahan segala seminggu sekali 30 menit doang sih.. terus ditawarin suruh les di skul juga .. dengan biaya tambahan.. langsung gw tolak..
Anak gw mungkin kebiasaan di Montessori dimana belajar sambil bermain terasa shock dengan keadaan begini..
Dia sempet nangis2 ga mau skul .. padahal dulu di KP dia skul dengan sukarela bahkan libur pun minta skul kadang2 ..
Terus di skul ini art nya dikit banget .. anak gw yg suka banget sama art mungkin boring di kelas.. kadang gw lihat dari CCTV tuh dia di kelas lagi bengong atau lagi keliling2 kelas.. dimana disitu anak2 dipaksa duduk didepan dengerin miss nya ngomong.. klo di KP tuh anak boleh explorasi kelas .. dengerin miss hanya saat2 tertentu doang dan ga lama2 karena anak segini kan gampang bosen yah..
Trus belakangan menambah ke keki an gw .. sus gw lapor tadi anak gw disuruh nulis angka 4 ngga bisa … eh ga bole pulang … anak gw nangis2 .. pas sus gw naek keatas untuk nanya kenapa anak gw ga ikutan barisan anak yg pulang.. bener2 deh kurang ajar banget tuh guru nya masa anak 2 taunan ga bisa nulis ga boleh pulang.. kalo menurut gw sih keterlaluan .. dimana anak segini harusnya main2 .. gw skul in supaya dia banyak aktifitas dan sosialisasi bukan dipaksa belajar..  yauda tapi gw ga bisa berkata apa2 sih karena skul ini sistemnya memang banyak belajar yah. jadi ya gw tahan2 in deh 1 term .. abis itu gw caooo

Untung pas kejadian itu skul baru di PIK juga .. baru buka nih.. namanya Montessori.. buka pendaftaran … setelah denger sistem Montessori nya gw langsung survey dan memutuskan kira2 itu cocok dengan anak gw dan sistem yang gw mau in .. uda de langsung gw daftar untuk menyelamatkan anak gw dari Sunsmile sebelom dia benci skul.. belakangan gw denger anak temen gw skul di Sunsmile juga nangis2 ga mau skul.. baru liat seragam nya aja uda nangis..
Oya pas kemarin hubby gw anterin anak gw skul kan .. anak gw susah disuruh masuk kelas.. minta susu.. dia minum ehh miss nya nguber2 ayo cepetan minum nya kalo ga cepet minum nya nanti miss ga kasi permen ga kasi hadiah … sambil siap2 pasang gaya mau narik anak gw ke kelas.. anak gw tambah ngadat diancem2 gitu.. akhirnya nangis trus diajak pulang sama hubby gw ..
Maksud gw anak segini umur baru 2 taunan masa diancem2 sih … mesti dibujuk dideketin dirayu diajak main gitu dong yah.. bukan di ancem segala cara … gw jadi kuatir anak gw kalo di kelas diapain..
Bersyukur banget sebentar lagi anak gw uda mau pindah skul.. moga2 skul terakhir nya ini bagus deh.. klo ga bagus juga . pingsan gw .. secara uda bayar uang pangkal + seragam total2 uda 10 juta lebih kali untuk semua skul nya ini.. belom uang term nya hueheuheue…

 

 

13 thoughts on “School Review (PIK Area)

  1. Wah, semoga Elle betah ya di sekolah yang baru……Dulu waktu milih sekolah buat Rafel juga ribet banget, trial sana sini sampe akhirnya menentukan pilihan, untungnya cocok selama 4 tahun di situ sampai lulus TK. Dan bener kok, namanya anak kecil kalau sekolah ya main2 aja kebanyakan sama diajarin mandiri. Sama kayak Rafel dulu awal2 sekolah porsi belajarnya pakai permainan. Etapi ada juga lho ortu murid yang protes katanya kebanyakan main kurang belajar, hehehe….bingung kan jadinya………

    • Kalau kenal huruf sih udah dari 2 tahun, tapi udah itu stuck gak mau lagi belajar baca. Kebetulan di sekolahnya juga gak diwajibkan harus bisa baca sampai dengan K2. Nah, pas K2 itu buat anak2 yang belum bisa baca akan ada remedial tambahan. Karena anaknya sudah besar dan sudah ngerti waktu kita omongin, makanya dia mau belajar baca. Waktu itu pakai ancaman kalau belum bisa baca nanti disuruh Miss ikut remedial, mau apa gak. Jadi akhirnya dia mau kita ajarin di rumah. Baru lancar baca juga baru pas mau naik ke K1 kok, ya itu karena diancam tadi, hehehe……
      Dan karena anaknya sudah lebih besar waktu belajar baca, jadinya belajarnya lebih cepat. Terus dibeliin buku2 yang gampang dibaca juga. Dari pengalaman aku sama temen2 yang saling sharing, anak akan jauh cepat belajar baca kalau tidak bilingual. Artinya boleh2 aja dari kecil diajarin Inggris dan Indonesia, tapi waktu belajar baca aku sama temen2 memilih stop dulu ajarain bahasa Inggris dan konsen ke bahasa Indo (supaya anak gak bingung dan terbalik2 yang bikin ortu makin senewen biasanya). Sekitar 3-6 bulan waktu baca kalimat Indo sudah lancar sekali, aku tambahin baca dalam bahasa Inggris. Dan hasilnya keliatan cepat sekali. Umur 5 tahun anakku udah lancar baca Indonesia dan Inggris, termasuk kalimat2 yang sangat sulit sekalipun dalam bahsa Inggris dia bisa baca. Setelah itu tinggal pilih, kalau mau SD yang national ya bahasa Indonya dilancarin, kalau yang Inggris ya bahasa Inggris yang dilancarin. Intinya kalau sudah menguasai sih anak gak akan lupa ya, tinggal diasah aja terus.
      Kalau masih 3 tahun sih wajar kalau masih mood2an kok, pelan2 nanti juga mau anaknya, yang penting harus extra sabar aja ngajarinnya.

  2. aaduhh + stress ni hueheue Rafel belajar baca pas mau naik K1 brati sekitar ampir 4 taun gtu yah.. Elle skrg kan uda pre K gitu taun dpan naik K1.. dia mah ga mau sama sekali baca nih.. apa kurang sreg ama guru nya ya.. sus nya jg ga bisa ajarin lagi.. aku kerja .. huehue bisa nya ngitung angka.. tp klo belajar baca angka n abc gitu ogah.. skul nya kan full inggris tuh klo dirumah diajarin nya bahasa indo tar dia bingung ga ya heuheue sedangkan ajarin inggris susnya ga bisa + aku bisa nya weekend doank.. heheheh jadi curhat nih ^^

    • Coba dulu deh dengan suku kata yang sederhana, misalnya ba…tapi terus diulang-ulang. Terus tambahin lagi dengan 2 suku kata yang lain, misalnya da, ka, ma, la. Terus diulang-ulang sampai dia bisa. Baru dari dua suku kata digabung jadi kata sederhana, misalnya bola, bolu, lala, mama. Setelah itu jadi 3 suku kata, misalnya lemari. Terus diulang-ulang tiap hari, biar sehari cuma belajar lima menit juga gak papa ko, tapi harus rutin tiap hari. Dulu anakku pertama belajar juga gak mau, cuma tetep dipaksain walaupun kadang gak sampe 5 menit udah kabur, hahaha…..
      Terus aku biasain bacain buku yang sederhana tiap malem, dan buku yang menurutku bagus banget buat anak belajar baca itu serial Pingu yang bahasa Indonesia. Kebetulan anaknya pilih sendiri di Gramedia. Satu buku ceritanya pendek tapi terdiri dari banyak cerita, kertasnya bagus, gambarnya besar dan warna warni, tulisannya besar-besar dan di masing-masing halama tulisannya gak terlalu banyak. Ceritanya lucu dan ada pesan moralnya juga.
      Pertama anakku seneng liat gambarnya aja, terus aku bacain sambil tunjuk hurufnya, lama2 dia tertarik dan coba baca sendiri kata2 yang gampang (yang 2 atau 3 suku kata). Terus mulai gantian baca sambil dia latihan baca kata yang ada ng dan ny. Terus lama2 dia baca sendiri deh. Kebetulan itu juga buku favoritnya, jadi dia sukarela mau baca buku itu. Nah, tiap malem sebelum tidur aku latih pakai buku itu, dan cepet banget kemajuannya (maksudnya cepet tuh tetep ya beberapa bulan sekitar 6 bulan). Jadi sebetulnya lancar bacanya ya berkat buku Pingu itu, bahkan baca ng dan ny dan suku kata yang panjang juga pakai buku itu.
      Sus-nya tiap hari kasih target aja, misal hari ini ba, berapa hari kemudian la, dst, terus pas mommy pulang minta dia baca di depan mommy dan boleh dikasih reward / hadiah juga kalau betul. Kalau belum bisa / gak mau dulu anakku (kalau udah kesel banget) diancam gak boleh nonton TV atau main ipad, hehehe dan berhasil kalau ancamannya ini lho. Lalu cari buku yang dia suka yang sederhana supaya dia tertarik untuk belajar baca.
      Begitu sih saran aku, sorry kepanjangan nih, semoga berguna ya……

      • wahh.. thanks banget ya tips nya ^^ iya ntar deh ku beli buku Pingu.. bener juga sih kata kamu diajarin nya pendek2 dulu yah.. bagus banget deh tips nya ^^ di Sing Rafel belum masuk skul ya? sehari2 ngapain aja? bosen ga sih disana? pingin juga deh migrasi kesana hehehe

      • Rafael sih betah banget di sini, sehari-hari belajar di rumah sama les-les aja sampe nanti awal Januari.
        Boleh yuk pindah ke sini, siapa tau bisa tetanggaan, hehehe……

    • Hi mommy elle, boleh tanya Montessori PIK yg mana? Kan bnyk Montessori buka di PIK. Yg baru buka banget siy setau ku Montessori Gading Permata School (MGPS).

      Aq jg lg cari skul buat anak ku umur 3 thn, targetnya April ini ud decide mau masukin mana. Skg aq lg bingung pilih antara 3 school St. Nicholas, Stella Marris, atau Kidea. MGPS ud sempet trial tp tempatnya spt sumpek dan sempit aq jd ragu. Trus marketingnya agresif sekali sering nelpon aq tanya jd masuk ga.

      Gmn di skul elle yg baru, betah ga? Anak ku mirip ky elle blm mau belajar baca n tulis. Bnykn 5 menit ud kabur hehehe.

      • hi.. iya anak ku di MGPS.. aku jg uda pernah survey di ketiga tempat itu, tapi ngga ada yang sreg, yang ini karena skul baru ya bolehlah.
        stella maris sebenernya suka tapi sistem ngajar nya bukan international, jadi duduk di meja gitu jadi aku ga sreg, da gitu sumpek juga.
        Elle sekarang uda mulai bisa nulis, di skul nya mau sih tapi di rumah masih susah, mesti dibujukin berbagai cara baru mau hehehe.
        Lumayan banyak sih progress nya sekarang yah, betah koq disini hehehe.. banyak anak temen ku juga yang masuk ikutan Elle hehehe..

  3. Wah kl anakku join MGPS nti bs sekelas ama elle ga ya kira2? Skg elle kelas apa n jam brp?
    Iy yg aq trial baru di Good Sheperd, MGPS, St. Nicholas. Kl GS siy parah not recommended bgt. St. Nicholas sebnrnya ok tp kelas toddlernya kok pesing bgt. Ga tau yg nurserynya. Gurunya ada 1 + 2 assistant yg bs ngajar jg n bantu suapin anak2 susah mam. Kebetulan anakku cewe n rada susah mam. Jd aq plg suka liat skul yg gurunya msh mau ks mam or bujukin gt. Cm aq tkt anakku lama2 bosen n ga ad progress krn sistem belajarnya sg curricullum. Kl montessori pst lbh menarik.

    Kidea aq br survey tempat. Baru mau trial next week. Kamu ga sregnya disitu knp?stella Marris kelasnya siy lbh besar dr Kidea. Bs tlg dijelaskan ga internationalnya gmn?

    Thanks

    • Sekarang Elle di Yellow sih, umur nya 3.5 y. Kalo masuk nya sekarang sih iya sekelas, tapi kalo masuknya taun depan si Elle uda naik kelas kali hehehe.. Iya perna liat di Good Sheperd waduhh iya parah,St. Nic itu mirip skul national aja sih klo menurut ku, lebi cocok buat SD keatas. Kidea lumayan tapi agak sumpek klo mnurut ku, pas trial anak ku nangis2 tuh. Mendingan trial aja semuanya sampe nemu yang cocok sih🙂 hehehe kalo ini kan soalnya cocok2an ama anaknya yah..

  4. haii..salam kenal..lagi hunting sekul daerah pik juga…anakku juga di kiddie planet…emang sekarang tambah lama tambah mahal yah uang sekulnyaa…

Leave a Reply

