Coffee Bun

Baru berhasil bikin Roti Boy nih hehehe.. soalnya sukaaa.. tapi males beli soalnya mahall 7rebu *pelitt mode on* plus karena sus ama mba doyan klo beli mesti semua dibeliin jadi mesti banyak beli nya .. rugi.. mahal dan yah sebetulnya dia kan roti isi mentega doank masa harga segitu haha, plus sekalian tantangan juga soalnya akhir2 ini kebingungan mau bikin roti apalagi.. bosen sama roti tawar n donut saja.
Akhir nya nemu resep ini nih, tapi sudah aku modifikasi dikit menjadi versi ku.. lebih enak sih menurut saya dan lebi ekonomis juga hehehe..

Filling :
200gr margarine / butter
70gr palm sugar
1/2 tsp vanilla
Margarin+Sugar di softened lalu terakhir tambahin vanilla.
Taro di lock n lock trus Dibekuin di kulkas.

Topping :
100gr margarine
80gr palm sugar/ icing sugar
2 eggs
1tsp mocca paste
Pinch of cinnamon powder
100gr flour
Softened margarine+sugar, kalo uda soft masukin eggs+paste+cinnamon.
Kalau sudah rata banget, masukin flour mix pakai kecepatan paling rendah.
Masukin ke piping bag.

Dough (sesuai urutan breadmaker) :
270gr milk
60gr butter
1 beaten egg
80 gr sugar
1/2 tsp salt
3/4 tbs yeast
500gr bread flour

Bahan dough masukin breadmaker sesuai urutan ya. Pake function dough tunggu sampe jadi 1.5 jam.
Potong2 bahan filling yang sudah beku, kalo aku bisa jadi 16 roti.
Panasin Oven api atas bawah 200c.
Olesin loyang dengan margarin+taburin tepung.
Dough yang udah jadi diambil kira2 40gr trus lebarin, isi 1 potong bahan filling lalu tutup rata dough nya, rata dan kencang ya biar ga bocor, gampang koq ini karena bentuk ga mesti bagus banget.. nanti kalo uda ngembang juga bulet sendiri hehehee.. bentuk ga begitu penting yang penting rasa hahaha..
Nah taro di loyang, karena aku malas keluarin oven gede pake oven kecil juga bisa koq. 1 loyang 20cm an aja, isi 4 dough taro berjarak.
Tunggu sampe dough nya mengembang 2x lipat. Kalo aku loyang aku tumpuk depan oven supaya kena hawa panas nya, cepet ngembang nya. 30 menit juga uda ngembang semua hehehe..
Kalo sudah ngembang, pipe out the topping in a spiral, gunting plastik nya jangan terlalu lebar bolong nya, kecil aja. Pakein topping nya juga jangan terlalu banyak, kira2 aja. Soalnya pas di oven nanti topping nya bakal melting. Trus kalo pake nya tipis2 gitu hasil toppping nya bisa lebih crunchy, kalo ketebelan nanti diatas roti bisa kayaq kue hehehe.. dulu aku percobaan pertama kayaq kue, sekarang uda lebih pinteran dikit hehehe..
Oven deh selama kurang lebih 15 menit, kalo aku sampe atasnya uda keliatan warna cokat trus uda kecium wangi semerbak hehehee… love it.

Image

Roti Boy yang ini filling nya rasanya gurih, jadi asin manis sedikit. Kalo suka yang persis roti boy asli ga usa dipakein palm sugar nya.
Terus kalau topping nya pake palm sugar rasanya lebih gurih aja lebih wangi, aku suka hehehe.. tapi warna topping jadi coklat tua, jadi kalo pingin warna topping lebih soft pakailah gula biasa saja.

Aku buat pakai breadmaker simpan di lock n lock bisa tahan 4 hari, tanpa pengawet dan bread improver.
Enak banget, anak ku yg ga doyan roti boy aja suka makan roti ini, empukkk banget.. soft banget hehehe..

4 thoughts on “Coffee Bun

  1. Mantep deh udah cobain roti macem2 ya, emang lebih murah ya bikin sendiri, bisa ampe kenyang2 deh makannya. Cuma bikin roti tawar nih gak bisa sebagus kayak beli. Katanya mending bikin doughnya aja ya buat roti tawar, terus hasil akhirnya panggang di oven. Cuma belum nyobain juga sih.

    • roti tawarnya pake resep yang aku itu? foto dong😀 jadi nya kayaq apa??? bagus koq menurut ku, bagian paling susah nya pas motong nih karena manual pake pisau jadi suka ga rata.. tapi kalo pas rata bagus😀 hehehe yg penting aman n sehat ya. pilih crust nya yang light.. jadi ga kering kulitnya .. aku bikin oke jg sih ga kering crust nya itu..

  2. Pake resep standar dari bukunya si bread maker itu. Jadinya emang kurang bagus sih. Ini lagi mau coba bikin roti pake adonan tangzhong. Harap2 cemas semoga berhasil nih, hahaha…..

    • oh iya aku pertama pake resep yang dari buku juga gagal.. keras.. kering.. pake water roux (tangzhong) juga mesti ati2 aku jg masi rada bingung, kadang hasil tangzhong nya kental kaku kadang kental doank.. ini hasil roti nya beda nih, padahal perasaan pake api nya segitu2 aja. tangzhong nya mesti kental kaku baru hasil nya bagus banget, klo kental saja dia texture roti nya jadi lebih banyak pori2 gitu. bikin donut kentang aja. jamin sukses deh😀 gampang soalnya hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s