My Yummyyy Donut

Kemarin setelah 3 hari, Hokkaido Loaf nya uda abis hehehe.. ludes ga ber sisa..kemarin di hari ke dua sih Loaf dimasukin kulkas dibungkus plastic wrap biar ga beku, kalo mau dimakan tinggal di microwave sebentar.. kerenn masi empuk di hari terakhir hueheue. ga berani lebih dari 3 hari soalnya takut jamuran.. uda abis juga sebelom lewat dari 3 hari huehue..
Sukses deh resep roti yang ini.. besok2 kalo bikin roti tawar ga usa cari2 resep lagi hehehe..

Nah buat sarapan hari ini bikin Donut hahaha..
Seumur2 belum perna kepikiran buat bikin Donut soalnya kebayang ribet nya dan susah.. takut keras..
Tapi kemarin memberanikan diri buat bikin huehue.. pake resep Donut Kentang nya NCC.

Ini nih resep nya yang uda di modifikasi dikit buat masuk ke bread maker. Kalo bikin harus sesuai urutan ini yaaa..

DONUT KENTANG

Bahan buat dimasukin ke breadmaker :
100ml air dingin
4butir yolk
200gr kentang kukus, didinginkan, dihaluskan
75gr butter dilelehkan
100gr gula
1/2sdt salt
50gr susu bubuk
500gr tepung cakra
1sdm ragi

Pilih menu Dough di breadmaker, tungguin 1.5 jam deh jadi..
Nah ambil adonan per 50gr lalu dibulatkan dan ditaro diatas loyang. Tunggu mekar kira2 30 menit..
Kalo uda mekar lagi, dilubangin tengah nya dan digoreng pake minyak mendidih di api kecil, kalo aku campur minyaknya sama shortening 2 sdm, biar hasil gorengan ga begitu berminyak..

Tadaaaaaaaaaa stelah masuk wajan tu donut mengembang bulet2 bagus banget deh heuheue.. aku bagian nyemplung adonan, sus yang goreng, diberdayakan sus nya daripada sibuk pacaran.. sayang tangan lengket buat cemplung2 jadi ga bisa foto..
Stelah digoreng kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Abis di goreng sih bagus yah permukaannya keliatan kering gitu.
Setelah dingin, hias donut.. kalo aku cuman ada stock coklat putih jadi dilelehin dicampur butter sedikit aja, kemarin aku campur butter nya kebanyakan jadi coklat nya susah mengeras lagi setelah di taro di donut.
Jadi donut di celup ke coklat leleh, lalu di gulingin di coklat meises. Ini juga ngaco nih mestinya donut di celup di coklat lalu meises nya di tabur ajah biar hasilnya lebih bagus.. next time deh.. practice make perfect ^^ ..
Soalnya kalo di gulingin di meises coklatnya pada nempel semua jadi donut berikut nya aplikasi meises nya jelek lenget2 coklat gitu..
Sisa donut ga dipakein coklat, buat besok ditabur gula aja sluprrppppppppp

Image

Image

Nah kelar goreng menggoreng dan menghias kan uda jam 00.30 tuh, jadi donut dimakan buat besoknya.
Besoknya, Puji Tuhan untung donut ga disemutin, uda diumpetin dalem microwave, dalem oven, soalnya donut nya jadi nya buanyak buangeeetttt… 1 resep ini bisa jadi sekitar 25 donut kali.. padahal aku ngebuletin nya akhir2 uda ga nimbang lagi, jadi donut ku gede2 huehuee..
Si semut belom mengetahui tempat persembunyian baru ku wkwkwkwk.. soalnya rumah ku parah semut nya, ada yang tau ga gimana cara membasmi semut tapi tanpa racun semut.. soalnya takut kena makanan racun nya.. mana semut nya semut merah semua lagi..

Penampakan donut pagi ini sama bagus nya seperti kemarin, empukkk buanget deh dan wangi hehehe.. seneng deh mencium wangi fresh baked di rumah begini..  tapi ini donut efek shortening nya uda ilang sepertinya hueheue.. soalnya jadi agak berminyak dikit.. dikit doank sih, jadi cukup di tutul pake tissue ajah.
Campur gula tepung, kocok2, makan deh donut nya.. slurppppppp enak benerrr .. mantappppp dehh.. aku makan duaaaaaaa.. hahaha..
Enak ya segala yang buatan sendiri, fresh ga ada pahit2 bahan kimia, tapi resep donut yang ini beneran enak deh, empuk.. bahkan dunkin aja kalah, klo ngebayangin donut dunkin jadi seret..klo jco kepes banget kurang enak, akhir2 ini suka krispy kreme tapi juga lewaaattt deh ama yang ini huheuee.. tinggal belajar menghias lebih cantik nih .

Sus sama mbak bilang enakkk.. paling seneng hubby juga bilang enakkkkk.. semoga besok2 ga cerewet lagi ya kalo bikin2 begini, soalnya biasa diocehin kalo bikin yang ribet2, tapi kemarin aku bikin nya ngumpet2 wkwkkwwk.. jadi kan untung nya uda malem tuh, hubby ku suruh tidur duluan ajehh, abis tu mengendap2 kebawah bikin deh wkwkwkw.. kalo ketauan mesti goreng2 malem2 pasti uda mencak2 deh huahahaha..

4 thoughts on “My Yummyyy Donut

  1. Pakai BAGUS Kapur Ajaib Anti Kecoa dan Semut. Bisa dibeli di supermarket atau toko kelontong biasanya suka ada. Satu kotak isi 2 kapur harganya 2000 kalo gak salah. Aman, murah, awet, praktis. Tinggal gambar aja lingkaran di meja di sekitar piring makan yang sering disemutin atau kalau gak yakin lingkarin juga bagian tengah toples/mangkok. Dijamin semut gak berani mendekat deh. Terus aku biasanya kasih kapur juga (gambar garis yang tebel) di sekitar sarang semut dari atas ke bawah. Bersihinnya gampang lagi, tinggal lap pakai kain basah kapurnya udah ilang. Makanan yang ditutup terus yang ditaro di atas kompor gas (apinya gak usah dinyalain) juga biasanya gak disemutin. Kayaknya ada bau gas yang semut gak suka deh.

    • Iya katanya pake kapur tapi takut racun nihh..klo misal diatas meja tangan ga sengaja kepegang eh masuk mulut gitu.. semutnya parah kmrn satu lemari baju disemutin ..hii serangan semut hahaha..

  2. semut di rumahku juga parah nih, uda dikasih kapur semut sih tapi kadang tetep balik lagi…

    aku jadi pengen beli tuh alatnya hahahaha… soalnya dulu sempet bikin donat, tapi jadinya ga sebagus gini, agak bantet gitu donutnya… hahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s